Jumat, 20 April 2012

Prospek Usaha Kecil Minuman


kalau disuruh buat usaha kecil2an..bakalan buat usaha ini...
si "kerbend"

USAHA MINUMAN/JUICE  SARI BUAH ASLI
(MANGGA,JAMBU,WORTEL dan NENAS)


A.  Latar Belakang
Berbagai macam bentuk usaha banyak bergerak dipasaran, namun hanya ada beberapa saja yang mungkin akan selalu bertahan dipasaran karena manusia akan selalu membutuhkannya. Salah satu diantaranya adalah usaha minuman. Usaha minuman ini akan selalu diminati oleh semua kalangan tanpa ada perbedaan tingkat social, pendidikan ataupun kekayaan. Usaha minuman ini akan selalu dibutuhkan oleh semua orang, setelah usaha yang bergerak dibidang makanan. Usaha yang akan saya jalankan ini akan bergerak dibidang minuman sari buah asli tanpa ada campuran bahan-bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Untuk permulaan usaha yang akan saya jalankan ini, sebagai permulaanya buah yang akan saya jadikan sebagai minuman untuk usaha saya diantaranya adalah mangga, jambu, wortel, dan nenas tapi untuk kedepannya tidak menutup kemungkinan akan merangkup semua jenis buahan atau bahkan memadukan dua atau lebih dari buahan tersebut. Dasar pemikiran saya untuk menjalankan usaha ini yaitu mencoba memberikan gaya hidup sehat dari minuman.
            Zaman sekarang usaha-usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman banyak yang menggunakan bahan-bahan pengawet untuk memperkecil biaya usahanya, oleh karena itu saya menawarkan minuman yang sari buah asli yang bebas dari pengawet yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Disamping untuk kesehatan, dasar pemikiran saya yang membuat saya yakin untuk menjalankan usaha ini adalah berdasarkan faktor kepraktisan, nutrisi didalamnya, manfaat dari produk saya ini, keterjangkauannya dibidang harga, kemudahan dalam mengkonsumsinya dan yang pasti pemberian untuk harganya dipasaran. Sehingga saya bisa yakin bahwa usaha saya ini akan diminati dan yang pasti akan laku dipasaran.

B.  Jenis Usaha
           
            Usaha minuman/juice sari buah asli (mangga,jambu, wortel, dan nenas).

C. Prospek Pasar

            Prospek pasar untuk usaha minuman ini sangat banyak, pertama saya akan memasarkan usaha saya ini pada tempat saya sendiri, kemudian saya akan coba menawarkan usaha ini pada took-toko ataupun swalayan-swalayan tempat perdagangan makanan dan minuman. Dengan memberikan label, nama minumannya dan manfaat pada cover minuman saya ini, saya yakin masyarakat pasar akan menyukainya dan produk ini akan mampu berkembang.

D. Bentuk Usaha
            Perorangan.
E. Rencana Anggaran Biaya
v  Biaya untuk membeli bahan baku yang diperlukan :
            Buah nenas 15 kg        : ( Rp. 45.000, 3.000/Kg)
Buah mangga  15 kg   : (RP. 150.000, 10.000/Kg)
            Sayur Wortel 15 kg     : (Rp. 90.000, 6.000/Kg )
            Buah jambu  15 kg      : (Rp. 52.500. 3.500/Kg)

               Jumlah modal awal  :  Rp. 337.500
NB : (tidak tetap sesuai kebutuhan/permintaan pasar)



v  Biaya untuk membeli alat yang digunakan untuk mengolah bahan baku:
Mesin juss/juicer 4 @ Rp. 800.000 = Rp. 3.200.000
             (4 alat). Alat ini merupakan alat utama yang digunakan dalam pengolahan untuk
 membuat sari buah/juice.
            Biaya pengemasan dalam botol minuman : Rp.750.000,- beserta labelnya.

Total Biaya Awal Keseluruhan : Rp.4.537.500,-

v  Harga juice/sari buah untuk satu botol mencapai Rp.7.500 untuk ke empat jenis juice tersebut, lebih murah Rp. 2.500 – Rp. 3.500, dibanding harga minuman juice lain yang sudah ada dipasaran.

F. Proyeksi Hasil
            Harga juice/sari buah dalam satu botol mencapai Rp.7.500, untuk semua jenis      buah juice tersebut. Dalam 1 kg buah segar rata-rata mampu menhasilkan :
§  Nenas : menghasilkan 7 - 10 botol sari buah/juice asli.
Untuk 8 botol, didapat : (8x15 kg = 120) (Rp. 7.500x120 = Rp. 900.000)
§  Mangga : menghasilkan 5 - 7 botol sari buah/juice asli.
Untuk 6 botol,didapat : (6x15 kg = 90) (Rp. 7.500x 90 = Rp. 675.000)
§  Wortel : menghasilkan 6 - 8 botol sari buah/juice asli.
Untuk 7 botol, didapat : (7x15 kg = 105) (Rp. 7.500x105 = Rp. 787.500)
§  Jambu :  menghasilkan 4 - 6 botol sari buah/juice asli.
Untuk 5 botol, didapat : (5x15 kg = 75) (Rp. 7.500x120 = Rp. 562.500)
Tergantung dari kandungan air dari buah tersebut.

Total hasil yang didapat awal Rp. 2.925.000,-


G. Perhitungan Laba Rugi
·         Harga juice/sari buah per botol Rp. 7.500
·         Produksi juice/sari buah per hari sebesar 15 Kg untuk setiap buah (4x15 = 60 Kg)
·         Biaya pengeluaran rutin per hari untuk buah sebesar Rp. 1.087.500
·         Biaya awal dari usaha sebesar Rp. Rp.4.537.500
·         Hasil yang didapat sebesar Rp. 2.925.000
·         Laba yang didapat/hari : 2.925.000 – 1. 087.500 = 1.837.500
·         (NB : bila terjual seluruhnya)
·         Rugi tidak akan didapat selama produk terjual/laku dipasaran.
·         Modal awal diperkirakan akan kembali dalam penjualan selaman 1-2 bulan kedepan..
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar